ILMU PENGETAHUAN DASAR (IPD)

Posted: November 4, 2010 in TUGAS KULIAH GUNDAR

ILMU PENGETAHUAN DASAR

 

Ilmu pengetahuan dasar adalah salah satu kelompok pengetahuan dasar umum serta merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep konsep dasar dalam bidang ilmu pengetahuan serta tekhnologi. Ilmu pengetahuan dasar memiliki cakrawala pandang yang lebih luas dalam memahami semua bidang, serta dapat membentuk penalaran yang lebih komprehensif, ilmu ini dapat mengembangkan kepribadian sehingga cukup peka, cepat tanggap, dan dapat mengambil tindakan yang tepat dan juga bertanggung jawab terhadap berbagai masalah ilmu pengetahuan dasar dan teknologi.

Ilmu Pengetahuan Dasar menguraikan tentang :

1.     Perkenalan dengan ilmu pengetahuan dasar

2.     Ruang lingkup ilmu pengetahuan dasar

3.     Ilmu pengetahuan dasar dan perkembangan tekhnologi

4.     Dampak perkembangan ilmu pengetahuan dasar

5.     Ilmu pengetahuan dasar, tekhnologi, dan kelangsungan hidup manusia

PERKEMBANGAN ILMU PEMIKIRAN MANUSIA MENGENAIILMU PENGETHAHUAN DASAR

Sifat Unik Manusia

Jasmani manusia adalah lemah, sedangkan rohaninya atau akal budi nya dan kemauaannya sangat kuat. Kemauannya yang keras menyebabkan manusia dapat mengendalikan Jasmaninya. Jadi sifat unik manusia itu adalah akal budi dan kemauaanya menaklukan Jasmaninya.

Rasa Ingin Tahu

Dengan pertolongan akal budi nya, manusia menemukan berbagai cara untuk melindungi diri terhadap pengaruh lingkungan yang buruk, tetapi dengan ada nya akal budi tersebut menimbulkan rasa ingin tahu yang selalu berkembang. Rasa ingin tahu mendorong manusia untuk melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan mencari jawaban atas berbagai persoalan yang mucul dalam pemikiran.

Sebenarnya setiap manusia mempunyai rasa ingin tahu, meskipun kekuatan dan intensitas nya tidak semua sama, setiap individu atau kelompok individu mempunyai rasa ingin tahu atau keinginan yang kuat untuk beberapa bidang, rasa ingin tahu dapat di perkuat dan di perlemahkan oleh lingkungan. Jadi rasa inign tahu setiap manusia pada tiap saat belum tentu sama kuat nya.

Rasa Ingin Tahu Menyebabkan Alam

Pikiran manusia berkembang memenuhi pengetahuan dasar. Perkembangan alam pikiran dapat di sebabkan oleh ransangan dari luar, tanpa dorongan dari dalam yang berupa rasa inign tahu.

Dalam ilmu pengethuan dasar terdapat penalaran induktif serta penalaran deduktif, kedua penalran tersebut bersifat konkret dan mudah untuk di pahami dalam konsep rasional kepada kehidupan praktis. Keunggulan dalam ilmu pengetahuan dasar ini mempunyai cirri cirri khas yang onjektif, metodik, sistematik, dan berlaku umum. Dengan sifat tersebut setiap individu akan mngerti dengan adanya ilmu pengetahuna dasr.

Yang di maksud Dengan Sikap Individu dalam Ilmu Pengetahuan Dasar yaitu :

1.     Rasa ingin tahu tinggi

2.     Tidak berfikir secara prasangka

3.     Tidak percaya begitu saja pada suatu kesimpulan tanpa ada bukti

4.     Optimis dan teliti

Dalam Ilmu Pengetahuan Dasar ini Mempunyai Manfaat yaitu :

1.     Membentuk sikap ingin tahu mengenai pengetahuan

2.     Dapat berfikir kritis

Segala yang di ketahui manusia itu adalah “pengethuan”. Pengetahuan tiu dapat digolongkan menjadi dua bagian, pengetahuan ilmiah dan pengetahuan non ilmiah. Pembagian ini sangat tergantung dari cara bagaimana pengetahuan itu di perolehnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s