Proses Comunication Management

Posted: January 15, 2012 in TUGAS KULIAH GUNDAR

KOMUNIKASI

  Adalah suatu system dari suatu penyampaian informasi yang disampaikan dari satu pihak(individu/kelompok).dimana terdapat pemberi dan penerima, serta keduanya menjadi saling terkait dengan informasi tang diberikan atau pun diterima, yang juga mengunakan etika dalam penyampaian atau penerimaannya, sehingga informasi tersebut dapat disampaikan dan diterima dengan baik.

HUBUNGAN KOMUNIKASI DENGAN MANAGEMENT PROYEK

  Dalam suatu kehidupan,komunikasi adalah suatu hal yang sangat penting.ini adalah hal yang mendasari suatu hubungan,segala yang manusia kerjakan membutuhkan suatu komunikasi,dan komunikasi bias dilakukan tidak hanya dengan manusia,akan tetapi pada benda lainnya yang berhubungan dengan apa yang ingin ia kerjakan.salah satu cuntohnya manusia yang ingin membuat suatu dokumen perjalanan liburannya  yang diketik  melalui computer  dan ingin dijadikan suatu buku,dapat dipastikan terjadi banyak komunikasi didalamnya,dalam  pengoprasian computer memerlukan komunikasi dengan melakukan perintah perintah terhadap computer tersebut.

Begitu pula dalam Management Proyek komunikasi sangatlah dibutuhkan karna suatu proyek banyak hal yang harus dipenuhi,dan cara yang harus dilakukan dengan suatu komunikasi ,salah satu contohnya :

– Peracangan
– Pendanaan
– Pembuatan
– Penyelesaian

Hal tersebut harus dilakukan dengan suatu komunikasi dengan pihak yang terkait didalamnya,sehingga suatu management proyek pun dapat berjalan dengan baik. Ada pula yang menyebutkan Komunikasi dalam manajemen proyek memiliki peran yang tak terelakkan dan tak tergantikan penting. Pada tahun 1995, studi Standish Group menemukan bahwa keberhasilan proyek TI terkait dengan tiga faktor utama: partisipasi pengguna, dukungan manajemen, persyaratan yang jelas. Semua faktor ini tergantung pada memiliki keterampilan komunikasi yang baik.

 Awal proyek, manajer proyek di samping persiapan rencana komunikasi yang baik, tetapi juga untuk memahami bagaimana mengelola tim, dan bagaimana untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, berdiri pada peran para pemangku kepentingan, sehingga mencapai sukses target proyek.

MEMBANGUN HUBUNGAN DALAM MANAGEMENT PROYEK

    Membangun hubungan adalah sama pentingnya dalam tim proyek seperti yang di luar. Hubungan yang baik dapat menjadi perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan yang luar biasa menyedihkan karena itu semua tentang mendapatkan orang untuk menyukai dan mempercayai kita sehingga mereka akan memberikan apa yang kita butuhkan dan  mereka memberikan pada waktu yang tepat dengan cara yang benar.

    Jaringan (internal dan eksternal) pada dasarnya adalah tentang membangun hubungan yang kuat. Untuk melakukan ini, kita memerlukan keterampilan yang baik dalam menciptakan hubungan dan mendengarkan atau menyampaikan.

   Jika kita dapat membuat koneksi dengan orang-orang,maka kepercayaan mereka pada kita akan tumbuh. Gunakan koneksi ini untuk melibatkan mereka dan kemudian mengajukan pertanyaan asli dan hanya mendengarkan. Mereka sering akan memberitahu kita apa yang perlu kita ketahui. Ikatan yang kuat pasti akan berasal dari kesamaan ditemukan dalam percakapan sederhana.

Proses Komunikasi management proyek :

   Terlebih dahulu dengan suatu perkenalan,ramah tamah atau lainya yang membuat orang yang kita ajak berkomunikasi merasasenyaman mungkin.Dalam membicarakan suatu proyek,sangatlah penting untuk menerima segala masukan yang diberikan orang yang sedang berbicara dengan kita sehingga kita dapat lebih baik juga dalam memberikan informasi kepada merekaketegasan pun penting halnya dalam komunikasi sebagai pengagas bahwa informasi yang kita berikan adalah hal yang penting ataupun patut untuk difikirkan.dan dalam suatu penyelesaian kita harus mendapatkan point point yang berguna untuk kedepannya suatu proyek management yang kita jalani.sehinga dapat berjalan lebih baik lagi.

Proses Komunikasi akan membantu ,untuk:

·  Mengidentifikasi pesan yang perlu dikirim

·  Tentukan target audiens kita untuk komunikasi

·  Tentukan format pesan kita dan waktu

·  Draft pesan kita dan persetujuan mendapatkan di mana diperlukan

·  Komunikasikan pesan kita, melalui kegiatan komunikasi

·  Mengumpulkan umpan balik dan memperbaiki proses komunikasi kita

Dengan menggunakan Proses Komunikasi, kita dapat:

·  Jelas mengidentifikasi proyek kita

·  Identifikasi stakeholder kebutuhan komunikasi kita

·  Menjalankan jenis aktivitas komunikasi untuk mengirimkan pesan kita

· Pastikan orang yang tepat menerima informasi yang tepat pada waktu yang tepat

PERENCANAAN KOMUNIKASI

     adalah seni dan ilmu untuk mencapai khalayak sasaran dengan menggunakan pemasaran saluran komunikasi seperti periklanan , hubungan masyarakat , pengalaman atau surat langsung misalnya. Hal ini berkaitan dengan memutuskan siapa yang harus disasar, kapan, dengan apa pesan dan bagaimana.

     Rencana komunikasi berfungsi sebagai panduan untuk upaya komunikasi dan sponsor sepanjang durasi proyek. Ini adalah dokumen hidup dan bekerja dan diperbarui secara berkala sebagai penonton membutuhkan perubahan. Ini menjelaskan bagaimana menyampaikan pesan yang tepat, dari komunikator yang tepat, untuk audiens yang tepat, melalui saluran yang tepat, pada waktu yang tepat. Ini alamat enam elemen dasar komunikasi: komunikator, pesan, saluran komunikasi, mekanisme umpan balik, penerima / penonton, dan kerangka waktu.

Sebuah rencana komunikasi meliputi:

· “Siapa” – target pemirsa

· “Apa” – kunci pesan yang mencoba diartikulasikan

· “Ketika” – waktu, itu akan menentukan waktu yang tepat pengiriman untuk setiap pesan

· “Mengapa” – hasil yang diinginkan

· “Bagaimana” – kendaraan komunikasi (bagaimana pesan akan dikirim)

· “Dengan siapa” – pengirim (menentukan siapa yang akan memberikan informasi dan bagaimana ia dipilih)

SUMBER :

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://projectmanagementblog.com/communication-key-successful-project-management
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.projectsmart.co.uk/building-relationships-in-project-management.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s