Koneksi HTTP

Posted: October 4, 2012 in TUGAS KULIAH GUNDAR

  MIDP  menyediakan API yang dapat dipergunakan untuk membuat aplikasi MIDlet yang memanfaatkan jaringan. MIDP 1.0 melalui package javax.micoredition.io menspesifikasikan class dan interface untuk mebuat koneksi jaringan secara umum. Koneksi dengan internet menjadi bahasan yang ditekankan disini.

 Meskipun  perangkat MID diharapkan dapat mendukung koneksi dengan beragam protokol yang terdapat di internet, termasuk dukungan terhadap koneksi socket dan UDP, namun hanya koneksi HTTP saja yang merupakan keharusan untuk tersedia bagi produsen prangkat MID. Sehingga pemograman MIDlet yang menggunakan protocol selain HTTP tidak akan di dukunng oleh semua perangkat MID> Selain hal itu tersebut, penggunaan koneksi dengan protokol selain HTTP yang menggunakan port 80, besar sekali kemungkinannya untuk di blokir firewall operator. Oleh karena itu, aplikasi MIDlet yang menggunakan koneksi internet sebaiknya tidak menggunakan protokol selain HTTP.

Mengenal Protokol HTTP

  HTTP  (HyperText Transfer Protocol) adalah protokol yang mengatur bagaimana sebuah dokumen dikirimkan pada layanan World Wide Web di Internet maupun intranet. Pada jaringan HTTP terdapat server HTTP yang melayani permintaan dokumen, serta user – urgent yaitu tool yang digunakan oleh client HTTP seperti Microsoft Internet Explorer, Opera Netscape Navigator, Konqueror, dan sejenisnya. HTTP bekerja dengan sistem request respone dimana untuk mendapatkan halaman yang diinginkan, user – urgent akan mengirimkan permintaan (request) berupa pesan (message) kepada server HTTP yang berisi informasi lokasi dari file yang diminta. Server HTTP kemudian memberikan jawaban (respone) atas permintaan tersebut dengan mengirimkan pesan ekpada user – urgent.

  Pengiriman pesan oleh user – urgent di awali dengan pengiriman perintah ke server HTTP. Pada spesifikasinya HTTP mendukung perintah HEAD, GET, POST, PUT, DELETE, dan sebgainya. Melalui konfigurasi, sebuah server HTTP dapat saja hanya mendukung sebagian perintah saja. Perintah HTTP yang dipergunakan untuk aplikasi pembacaan halaman web serta pengiriman nilai untuk di proses oleh teknologi Server-side Scripting hanya menggunakan perintah GET dan POST saja. Perbedaan antara GET  dan POST adalah bahwa pada penggunaan GET, nilai variabel dikirmkan dengan menulisaknnya pada URL sehinggan jumlahnya terbatas, Sedangkan nilai variabel pada POST dituliskan pada body pesan. Dengan demikian dapat dilakukan pengirimand ata yang besar, seperti atachment file, dengan menggunakan metode POST.

  Pesan  yang digunakan baik oleh user – urgent dan server HTTP terdiri atas dua bagian yaitu harder dan body. HEader berisi informasi mengenai pesan tersebut. Sedangkan body dapat berisi daftar variabel dari client maupun isi dokumen yang di minta dari server. Sebagai contoh, berikut adalah pesan yang dikirmkan oleh web server IIS versi 5.1 sebgai balasan terhadap user – urgent yang meminta dokumen.

Koneksi HTTP pada MIDlet

  MIDP  menyediakan fasilitas yang memungkinkan bagi suatu aplikasi MIDlet untuk melakukan koneksi internet. Koneksi ini dibuat dengan menggunakan class COnector yang terdapat pada package javax.micoredition.io. Class Connector ini merupakan class yang terdiri atas method – method static yang menyediakan koneksi secara generik. Untuk beroperasi dengan menggunakan metode koneksi tertentu dilakukan casting dengan menggunakan interface – inteface yang terdapat pada package yang sama. Dengan melakukan casting terhadap objek Connection yang terbentuk, dapat dibuat objek HTTPConnection, StreamConnection, dan ContentConnection.

  Terdapat terdapat dua metode yang bisa digunakan untuk membuka koneksi HTTP pada aplikasi MIDlet dengan memanfaatkan class Connector:

  • Menggunakan method open() untuk membuka koneksi: Pemanggilan method ini akan mengembalikan objek Connection yang merupakan objek generik yang dapat di-cast menjadi jenis objek lainnya seperti StreamConnection, ContentConnection, dan HttpConnectio. Pengirimnya/pembacaan data dapat dilakukan dengan menciptakan objek stream yang sesuai dari objek Connection yang didapat
  • Menggunakan method pembuat Stream: Pemanggilan method ini akan mengembalikan Stream input / output yang langsung dapat dipergunakan untuk membaca / mengirimkan data, Namun demikian, dengan menggunakan metode ini maka informasi mengenai koneksi tidak bisa diperoleh maupun diubah.

Metode  pertama memungkinkan bagi aplikasi untuk mengatur dan mendapatkan informasi mengenai koneksi yang sedang dibuat namun tidak dapat langsung digunakan untuk membaca dan mengrimkan data. Sedangkan metode yang kedua berlaku sebaliknya.

Nama : Maulana Yusuf

NPM : 24110277

Kelas : 3Kb03

MK : Softkill Bahasa Indonesia 1#

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s