Pengantar Teknologi Java

Posted: October 4, 2012 in TUGAS KULIAH GUNDAR

  Java adalah bahasa yang perkembangannya sangat pesat dan memliki dukungan yang sangat besar dari komunitas pengembangan prengkat lunak di seluruh dunia. Java juga selalu menunjukan kesuksesannya dalam setiap implementasinya dalam platform yang beragam. Hal ini tidak lepas dari desain yang matang dari bahasa java itu sendiri sehingga Java sebagai bahasa yang sederhana dan mudah untuk diplejari namun dapat menunjukan ketangguhan dalam setiap implementasinya.

  Setelah membaca tulisan ini, diharapkan pembaca dapat memahami bagaimana teknologi Java itu sebenarnya. Pembaca juga diharapkan untuk dapat melihat keunggulan dari penggunaaan teknologi berbaris Java dibandingkan dengan implementasi dalam teknologi lainnya, khususnya pada penerapannya di eprangkat bergerak (mobile).

Sejarah singkat Java dan perkembangannya

  Java adalah bahasa pemograman Object oriented yang dikembangkan oleh perusahaan Sun MIcrosystem. Java berasal dari proyek Green yang di pimpin oleh James Gosling. Proyek tersebut berusaha mengembangkan sebuah bahasa objek oriented baru yang portable dan dapat diimplementasikan pada beragam peralatan dengan kapasitas memeory terbatas.

  Meskipun  pernah terhenti, namun proyek Green dihipudkan kembali ketika pada tahun 1995 terjadi booming internet yang terutama disebabkan oleh kehadiran layanan World Wide Web yang mampu menyajikan tampilan yang menarik dan taraktif sehingga internet menjadi media bertukar informasi yang sangat digemari oleh banyak kalangan.

  Produk dari proyek Green adalah bahasa baru yagn kini dikenal dengan nama Java, meskipun pada awalnya sempat dinamakan Oak namun dibatalkan karena ternyata sudah ada bahasa pemograman lain yang menggunakan nama tersebut. Sesuai dengan tujuan proyek Green Java dibekali dengan kemampuan untuk dapat dipergunakan pada bergam platform, dengan kata lain Java dirancang sebagai bahasa yang portable. BErbeda dengan tingkat porbabilitas yang dimiliki oleh bahasa lain, seperti C/C++ misalnya, porbalitas Java sangat tinggi. Aplikasi yang ditulis dengan Java daapt langsung dijalankan pada platforn yang mendukung Java tanpa perlu mengkomplilasi ulang kode sumber Java tersebut. Hal ini dengan baik dapat didemontrasikan oleh Java dengan Appletnya yang sangat terkenal dan membuat semua orang tercengan.

  Dari  kesuksesan Appler tersebut, timbullah keinginan dari banyak pihak untuk mengembangkan Java agar tidak hanya dijalankan untuk aplikasi web seperti Applet, melainkan dapat pula untuk membuat aplikasi dekstop. Oleh karena itu, Java dan paket class pendukungnya terus dikembangkan hingga lahirlah class Java Swing yang mampu bertindak layaknya aplikasi native untuk satu platform.

  Implementasi  Java pun kian merambah ke beragam bidang dan selalu mampu menujukan kesuksesannya. Pada pembuatannya aplikasi server, Java mampu menunjukkan kebolehannya dalam pemrosesan halaman web dinamis yang ditunjukan oleh Apache Tomcat. Pemorosesan database raksasa yang kompleks ditunjukan pula dengan penggunaan Java oleh Oracle pada produk ORacle Database 8i  dan 9i nya. Saat ini distibusi Java dan class pendukung dibagi dalam tiga bagian yang masing – masing memiliki konsentrasi tersendiri yaitu :

  • Java 2 Standard Edition (J2SE), untuk aplikasi dekstop
  • Java 2 Enteprise Edition (J2EE), untuk apliaksi server
  • Java 2 Macro Edition(J2ME), untuk piranti dengan kemampuan terbatas

Dukungan  terhadap pengembangan dan implemntasi Java terus mengalir. MEskipun Sun Microsystem adalah perusahaan yang mengembangkan bahasa Java, namun sun Microsystem tidak membuat pengembangan Java yang memberikan dukungan terhadap implementasi spisifikasi dari Java dan VIrtual Machinenya kepada publik serta menyidiakan perangkat bantu pengembangan aplikasi Java secara cuma cuma.

   Teknomolgi  Java yang dikembangkan secara bersama – sama ini menghilangkan kekhawatiran akan ketergantungan terhadap teknolgi milik suatu perusahaan tertentu. Hal inilah yang mendorong produknya, selain dari fakta yang menujukkan bahwa Java memang merupakan bahasa yang handal dan tangguh.

Nama : Maulana Yusuf

NPM : 24110277

Kelas : 3Kb03

MK : Sofkill Bahasa Indonesia 1#

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s