Sistem Manajemen Basis Data Relasional

Posted: October 5, 2012 in TUGAS KULIAH GUNDAR

Pengenalan DB2

  DB2  merupakan relational database management system (RDBMS) atau sistem manajemen basis data relasional yang memungkinkan pengguna melakukan CREATE, UPDATE dan CONTROL terhadap basis data relasional dengan menggunakan Structured Query Language (SQL). DB2 didesain untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam bisnis berskala kecil maupun besar. DB2 dapat dijalankan pada bermaca – macam paltform termasuk sistem mainframe seperti MVS/ESA, VM, dan VSE; sistem midrange seperti OS/400,AIX, dan sistem yang berbasiskan UNIX lainnya; dan sistem tunggal atau yang berbasiskan LAN seperti OS/2, Windows, dan Linux.

  Data diatur oleh DB2 database server yang dapat diakses dan dimanipulasi oleh aplikasi pada PC workstations yang berjalan dalam sistem operasi terkenal seperti OS/2, DOS, Windows, Linux, dan dengan aplikasi yang dikembangkan untuk UNIX workstations dari IBM, HP, dan SUN. Aplikasi tersebut untuk menunjang client dan server platform yang akan ditambahkan di masa yang akan datang. DB2 merupakan suatu sistem terbuka. Selain untuk client platform yang disediakan oleh IBM, semua basis data yang ada dalam DB2 server dapat diakses dari beberapa produk yang menunjang protokol Distributed Relational Architecture (DRDA). Hal tersebut dimaksudkan untuk mengurangi kebutuhan komponen tambahan dan gateway yang mahal.

  IBM juga menyediakan fasilitas untuk mengakses RDBMS lainnya yang menggunakan server aplikasi DRDA yang spsisfik. Fasilitas ini disebut Distributed Database Connection Services (DDCS). Selain itu fungsi manajemen data, DB2 juga memiliki alat yang mengijinkan pengguna membuat bermaca – macam aplikasi untuk mengkases dan bekerja dengan data. Juaga untuk mengembangkan apliaksi dari multimedia dan objek – oriented.

DB2 Family

  IBM  DB2 Family dari database management systems menangani ruang lingkup hardware platform yang besar mulai dari mainframe sampai dengan mesin – mesin yang berbasiskan Intel, server IBM dan non IBM RISC serta workstation, massively parallel processors, Sistem mid range AS/400, dan sistem mainframe yang dijalankan dengan sistem operasi VM, VSE, dan MVS. Dengan tambahan database engines ynag dijalankan pada setiap platform tersebut. DB2 Family termasuk solusi “middleware” untuk pengaksesan basis data yang heterogen, replikasi data adan database systems management yang berjalan diseluruh platform.

  Produk – produk DB2 yang dijalankan pada OS/2 dan platform yang berhubungan dengan produk tersebut dikenal sebagai versi DB2 Common Server. Hal ini untuk membedakan bahwa produk – produk tersebut dapat dijalankan pada platform yang sejenis, yang berisikan fungsi produk yang serupa dan menggunakan bersama source code yang sama. Produk – produk DB2 Common server merupakan client – server RDBMS untuk server IBM dan server non IBM, dan workstation yang berisikan fungsi – fungsi dimana aplikasi dapat dijalankan pada lignkungan client yang luas, fungsi – fungsi untuk menyimpan dan mengelola data, dan gateway yang menginzinkan pengaksesan data dengan SQL pada lingkungan yang heterogen.

DB2 Common Server memegang peranan penting pada saat:

  • Client – ServerUp-sizing
    PC dan workstation yang terintegrasi dengan LAN untuk menggunakan basis data secara bersamaan
  • Host Right-sizing
    Memindahkan aplikasi – aplikasi ke platform yang cocok untuk suatu pekerjaan. Sistem right-sizing dapat berisikan mesin – mesin dari semua ukuran, seperti :
  • Komputer mainframe
  • Komputer midrange
  • Komputer mini
  • Komputer personal
  • Host Down-sizing
    Memisahkan dan memindahkan aplikasi – aplikasi mainframe ke client workstation dan network server
  • Access to Host Enterprise Data
    PEngaksesan data untuk decision support processing (query, report, charting) yang membutuhkan integrasi dari sistem basis data yang berlainan untuk membentuk basis data yang memberikan informasi lebih luas.
  • DB2 Host Aplication Development
    Produk – produk DB2 Family sama dalam hal desain dan fungsi serta dapat digunakan untuk mengembangkan host applications pada workstation dan PC

Nama : Maulana Yusuf

NPM : 24110277

Kelas : 3Kb03

MK : Soffkill Bahasa Indonesia 1#

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s