SUB Program dan Pembuatan Program dengan Sistem MODUL

Posted: October 7, 2012 in TUGAS KULIAH GUNDAR

  Sebuah  Algoritma yang agak kompleks dan Program yang tersusun dari Algoritma tersebut dapat di anggap sebagai suatu sistem. Untuk merancang suatu sistem, kita harus dapat memberi identitas kepada struktur hirarkhinya, kemudian membangun elemen MODUL yang mengadakan interaksi. Perangkat tersebut terdiri dari subprogram yakni ; serangkaian Statemen yang diberi nama tertentu, untuk melaksanakan tugas tertentu, dan dapat dipanggil dengan nama tersebut. Sebuah Program yang mengandung Subprogram, terdiri dari atas, Program Utama yang dilaksanakan lebih dahulu, dan SUb program yang diminta oleh Program Utama, atau Subprogram lainnya. Program utama bersama Subprogram disebut Modul atau Unit Program.

  Suatu Subprogram dipanggil terjadi komunikasi antara dua modul, melalui beberapa item tertentu. Komunikasi tersebut dapat dilaksanakan dengan memindahkan data secara nyata, atau memindahkan melalui lokasi memori yang memuat data bersangkutan. Cara berkomunikasi yang kedua ini, terutama terdapat dalam Bahasa Pemrograman berkotak atau Terstruktur, seperti ALGOL ataupun PL/I. Disni data tertentu dianggap bersifat global terhadap subprogram, dan oleh karenanya dapat dimasukan ke dalam Unit – Unit Program lainnya. Jika suatu bahasa Pemrograman memungkinkan ada nya Subprogram, maka hal tersebut dapat menyederhanakan pembautan Algoritma yang dilaksanakan dalam Bahasa tertentu. Pembuatan desain program yang berisi identitas tugas terinci, dan dapat memisah atas Modul tersebut Pemrograman Modular.

Pemanggilan Subprogram

  Seperti  telah dikemukakan atas Sub Program dapat merupakan fungsi ataupun subrutin, Ketika Program dilaksanakan, sebuah fungsi memberikan kepada Unit Program yang memintanya, berupa sautu nilai tunggal sebagai nilai dari fungsi tersebut. Subrutin merupakan bentuk yang paling umum dari Subprogram yang dapat dipakai untuk berkomunikasi dengan Program yang memanggil sejumlah nilai dari Program Unit yang bersangkutan. Walaupun sebuah fungsi dapat dipakai untuk mengambalikan sejumlah nilai dengan cara yang sama sepertiyang dipakai subrutin, dianjurkan untuk tidak melakukannya. Subprogram yangterdapat dalam Program Unit memiliki seluruh sifat dari Algoritma, kecuali outputnya, karena yang akan melaksanakan proses tersebut adalah sebuah Modul lain didalam Program yang sama. Subprogram dapat dikomplilasi tersendiri untuk pengetesan fungsinya. Sesudah pemanggilan dan pelaksanaan subprogram, pengendalian kembali ke tempat pemanggilan di dalam Unit Program yang memanggilnya.

Subrutin

  Sebuah  subrutin merupakan bentuk yang lebih umum dari dua jenis subprogram tersebut diatas,. Sebuah subrutin merupakan sesuatu Program yang secara nyata mengembalikan sejumlah nilai (tanpa batas) kepada Program Unit yang memanggilnya. Pemanggilan subrutin disebut subroutine call. Bentuk dari sebuah Statemen subrutin call adalah sebagai berikut:

  • CALL nama-subroutine call (daftar Parameter)
    Nama subrutin diberikan seperti memberi nama sebuah variabel. Nama tersebut memberi identifikasi kepada subrutin di antara sejumlah subprogram yang berada di dalam Program tertentu.
  • PARAMETER (juga disebut argumen)
    Merupakan data item yang digunakan oleh sebuah subrutin untuk berkomunikasi dengan Program Unit yang memanggilnya. Parameter ditetapkan terlebih dahulu untuk sebuah subrutin dengan jumlah dan kenisnya masing – masing. Parameter dapat menghubungkan nilai dengan subrutin (kadang disebut input Parameter) atau dari subrutin dengan Program Unit yang memanggilnya, atau berfungsi sebagai keduanya dengan memberi nilai kepada subrutin apabila selanjutnya membutuhkan nilai dari hasil pelaksanaan Program (Parameter Input / Output). Parameter dapat terdiri dari nilai tunggal atau himpunan nilai.

Nama : Maulana Yusuf

NPM : 24110277

Kelas : 3Kb03

MK : Softkill Bahasa Indonesia 1#

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s