ILMU SOSIAL DASAR

Posted: November 9, 2012 in TUGAS KULIAH GUNDAR
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
  Menusia sebagai makhluk sosial pasti akan melakukan interaksi dengan lingkungan. Ilmu sosial dasar suatu ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungan. Hubungan tersebut dapat mewujudkan adanya kenyataan – kenyataan sosial dan masalah – masalah sosial yang penelaahannya mneggunakan pendekatan berbagai disiplin ( interdisiplin dan atau multidisiplin ) dengan memanfaatkan pengertian – pengertian (fakta,konsep,teori) yang berasal dari lapangan ilmu – ilmu sosial , salah satu diantaranya adalah psikologi, dan dalam bidang pendidikan.
B.     Rumusan Masalah
  Bagaimana hubungan antara ilmu sosial dasar dengan psikologi dan pendidikan?
C.    Tujuan Penelitian
  Karya tulis ini bertujuan untuk menentukan hubungan ilmu sosial dengan psikologi dan pendidikan.
D.    Manfaat Penelitian
  Mengetahui hubungan ilmu sosial dasar dengan psikologi dan pendidikan.
BAB II
Tinjauan Pustaka
A.    Pengertian Ilmu Sosial Dasar
  Ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah – masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat dengan menggunakan pengertian – pengertian (fakta,konsep,teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu – ilmu sosial seperti sejarah,ekonomi,geografi sosial, sosiologi, antropologi, dan psikologi sosial. ISD merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan, sehingga kepekaan manusia pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
  ISD membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yang lebih luas dan ciri – ciri kepribadian yang diharapkan dari sikap mahasiswa , khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia – manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan secara timbal balik.
B.     Pengertian Psikologi
  Psikologi adalah sebagai ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku dan pikiran manusia secara ilmiah yang berhubungan dengan semua aspek kehidupan manusia. Psikologi bukan hanya sebagai ilmu yang mempelajari perilaku menyimpang manusia tetapi juga mempelajari mengapa manusia berfikir, mengapa manusia melakukan suatu hal yang tidak dipahami oleh orang lain. Pada pokoknya psikologi itu menyibukkan diri dengan masalah kegiatan psikis seperti berfikir, belajar, menanggapi, mencinta, membenci, dan lain – lain. Macam – macam kegiatan psikis pada umumnya dibagi menjadi 4 kategori yaitu : pengenalan atau kognisi, perasaan atau emosi, kemauan atau konotasi, dan gejala campuran.
C.    Ilmu Sosial Dasar dalam Bidang psikologi dan Bidang Pendidikan.
  Psikologi adalah ilmu yang berhubungan dengan tingkah laku manusia, maka ilmu sosial dasar mempunyai ikatan yang erat dengan psikologi. Di lingkungan agar tercipta hubungan sosial yang lancar tentunya dibutuhkan norma atau aturan agar dapat membangun karakter seseorang yang mempunyai psikolog yang taat terhadap aturan. Karakter seseorang memang berbeda – beda, semua itu tergantung kepada faktor yang mempengaruhi kejiwaan seseorang pula. Contohnya lingkungan, jika seseorang di didik dalam lingkungan yang keras tentunya terbentuklah kaarakter individu yang keras juga, begitu pula sebaliknya jika seseorang di didik dalam lingkungan yang jauh dari hiruk pikuk tentunya memiliki karakter yang jauh berbeda. Individu yang terbiasa terdidik di jalanan tentunya memiliki karakter yang keras, karena adanya tekanan keseharian yang mengharuskan mereka untuk mencari nafkah untuk menghidupi kehidupan sehari – hari demi mendapatkan sesuap nasi yang penuh tantangan, berbeda dengan individu yang tinggal jauh dari hiruk pikuk , cendrung memiliki sifat yang taat akan aturan sosial.
Untuk membangun psikolog yang baik dibutuhkan ilmu sosial dasar yang membangun psikolog individu yang taat akan tata krama. tata krama yang dimaksud adalah cara individu berinteraksi dengan individu lainnya misalnya cara berbicara yang baik dan sopan sehingga lawan bicara pun merasa senang dan betah terhadap kita. dengan membiasakan diri taat akan aturan tentunya akan terbentuk psikologi yang baik pula sehingga terbentuklah cara bertingkah laku yang baik.

Ilmu Sosial Dasar dalam bidang Pendidikan.
Ilmu Sosial dasar (ISD) dalam bidang pendidikan sebagai contoh adalah Ilmu Pengetahuan sosial(IPS).

Persamaan ISD dan IPS yaitu :
a. Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan.
b. Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
c. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan social dan masalah sosial.

Perbedaan ISD dan IPS yaitu :
a. Ilmu sosial dasar diberikan di Perguruaan Tinggi, Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
b. Ilmu sosial dasar merupakan mata kuliah tunggal sedangkan ilmu pengetahuan sosial dasar merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
c. Ilmu Sosial dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang ilmu pengetahuan social diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.

Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
Bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan 3 golongan :

  1. kenyataan-kenyataan social yang ada dala mmasyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah social tertentu.
  2. Konsep-konsep social atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan social dibatasi pada konsep dasar atau elemnter saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah social yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
  3. Masalah-masalh yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan social yang antara yang satu dengan yang lainnya berbeda.
BAB III

Penutup
A.    Kesimpulan
  Peranan ilmu sosial dasar sangatlah penting dalam bidang psikologi dan dalam bidang pendidikan. Ilmu sosial penting dalam membentuk karakter kejiwaan seseorang individu dalam mencapai kedewasaan individu tersebut secara psikologi. Selain itu peranan ISD pun sangatlah berpengaruh besar Perubahan karakter yang lebih baik menjadikan kehidupan individu harmonis  dan berarti bagi manusia lainnya.
B.     Saran
  Menerapkan ilmu sosial dasar dalam bidang psikologi:
1.      Berbicara sopan dan santu terhadap lawan jenis
2.      Menaati akan aturan/peraturan yang berlaku
3.      Tidak terpengaruh dengan lingkungan yang buruk
Kelas pengulang di : 1kb04
Nama : Maulana Yusuf
Kelas : 3kb03
Mata Kuliah : Ilmu Sosial Dasar #

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s