INTEGRATED CIRCUIT

Posted: November 9, 2012 in TUGAS KULIAH GUNDAR

Integrated Circuit

  Sirkuit  terpadu ( bahasa inggris : Integrated Cicuit atau IC ) adalah komponen dasar yang terdiri dari resistor, transistor dan lain – lain. IC adalah komponen yang dipakai sebagai otak peralatan elektronika. IC digunakan untuk beberapa keperluan pembuatan peralatan elektronika agar mudah dirangkai menjadi peralatan yang berukuran ralative kecil. Sebelum ada nya IC, hampir seluruh peralatan elektronika dibuat dari satuan – satuan komponen (individual) yang dihubungkan dengan satu sama lainnya menggunakan kawat atau kabel, sehingga tampak mempunyai ukuran besar serta tidak praktis. IC yang paling banyak digunakan secara luas saat ini adalah IC digital yang dipergunakan untuk peralatan komputer, kalkulator, dan system kontrol elektronika. IC digital bekerja dengan dasar pengoperasiannya bilangan Biner Logic (bilangan dasar 2)  yaitu hanya mengenal dia kondisi saja 1 (on) dan 0 (off).

  Jenis  IC digital terdapat 2 (dua) jenis yaitu TTL dan CMOS. Jenis IC-TTL dibangun dengan menggunakan transistor sebagai komponen utamanya dan fungsinya dipergunakan untuk berbagai variasi Logic, sehingga dinakan Transistor. Transistor dalam IC digital dibuat pada keeping silicon dengan cara yang sama dengan IC analog. Kondisi dua keadaan (ON/OFF) adalah jantung dari logika digital dan komputer digital. Dengan mengendalikan kondisi ON/OFF transistor pada IC digital, dapat dubuat sebagai fungsi logika. Ada tiga fungsi logika dasar yaitu AND , OR, and NOT. CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) sebenarnya antara IC TTL dan IC CMOS memiliki pengertian yang sama, hanya terdapat beberapa perbedaan yaitu dalam penggunaan IC CMOS konsumsi daya yang diperlukan sangat rendah dan memungkinkan pemilihan tegangan sumbernya yang jauh lebih kebar yaitu antara 3V sampai 15V. Level pengsaklaran CMOS merupakan fungsi dari tegangan sumber. makin tinggi sumber tegangan akan semakin lebar tegangan yang memisahkan antara keadaan “1” dan keadaan “0”.

Counter Secara Umum

  Counter  merupakan rangkaian logika pengurut, karena counter membutuhkan karakteristik ke memori, dan pewaktu memegang peranan yang penting. Counter digital mempunyai karakteristik penting yaitu sebagai berikut :

  1. Jumlah hitungan maksimum (modulus N-counter)
  2. Menghitung ke atas atau ke bawah (up atau down – counter)
  3. Operasi Sinkrona atau SInkron
  4. Bergerak beebas atau berhenti sendiri

  Sebagai  mana dengan rangkaian sekuensial yang lain, untuk menyusun counter digunakan flip – flop. Counter dapat digunakan untuk menghitung banyaknya clock-pulsa dalam waktu yang tersedia (pengukuran frekuensi), Counter dapat juga digunakan untuk membagi frekuensi dan menyimpan data.

  Ada dua macam counter yaitu, Asinkronous Counter dan Sunkronous Counter. Asinkronous Counter disebut juga Ripple Through COunter atau Counter serial (Serial Counter), karena outputnya masing – masing flip-flop yang digunakan akan berubah kondisi dari “0” ke “1” dan sebaliknya secara berurutan, hal ii disebabkan karena flip-flop yang digunakan akan berubah kondisi yang paling ujung dikendalikan oleh sinyal clock, sedangkan sinyal clock untuk flip-flop lainnya berasal dari masing – masing flip-flop sebelumnya. Sedangkan pada counter sinkron, output flip-flop yang digunakan bergantian secara serempak. Hal ini disebabkan karena masing – masing flip-flop tersebut dikendalikan secara serempak oleh sinyal clock. Oleh karena itu Counter Sinkron dapat pula disebut sebagai counter paralel (Parallel Counter).

Nama : Maulana Yusuf

Kelas : 3kb03

NPM : 24110277

Mata Kuliah : Bahasa Indonesia Softkill #

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s