LCD

Posted: January 5, 2013 in TUGAS KULIAH GUNDAR

LCD Karakter  LCD merupakan salah satu media yang digunakan sebagai penampilan pada sistem berbasis mikrokontroler. Banyak macam LCD yang tersedia dipasaran, baik yang dapat menampilkan gambar maupun teks. Untuk LCD yang dapat menampilkan gambar di sebut LCD grafik sedangkan LCD yang dapat menampilkan teks disebut LCD Karakter. LCD singkatan dari Liguid Crystal Display.

Antarmuka dan Pin LCD karakter pada FPGA  LCDkarakter yang digunakan ada yang berupa 2 x 16, dimana untuk menampilkan karakter sebanyak 2 baris 16 kolom dengan menggunakan lebar data sebanyak 4 bit atau 8 bit.

Tampilan Karakter pada LCD di atur oleh pin – pin

  • EN ( Enable ) jalur ini digunakan unutk memberitahu LCD bahwa akan melakukan pengiriman sxs data. Untuk mengirimkan data ke LCD, maka melalui program EN harus dibuat logika ‘low’ dan set pada dua jalur kontrol yang lain RS dan RW. Ketika dua jalur yang lain telah siap, set EN dengan logika ‘1’ dan tunggu untuk sejumlah waktu tertentu ( sesuai dengan datasheet dari LCD tersebut ) dan berikutnya set EN ke logika low ‘0’ lagi.
  • RS ( Register Select ) Ketika RS berlogika low ‘0’, data akan di anggap sebagai sebuah perintah untuk intruksi khusus ( seperti clear screen, posisi kursos dll . Ketika RS berlogika high data yang dikirim adalah data text yang akan di tampilkan pada layar LCD.
  • R/W ( Read/Write ) ketika R/W berlogika low, maka informasi pada bus data akan dituliskan pada layar LCD. Ketika RW berlogika high, maka program akan melakukan pembacaanmemori dari LCD. Sedangkan pada aplikasi umum pin RW selalu diberi logika low

 

Nama : Maulana Yusuf

NPM : 24110277

Kelas : 3Kb03

MK : Softkill Bahasa Indonesia 1#

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s