Jaringan Area Lokal

Posted: January 12, 2013 in TUGAS KULIAH GUNDAR

  Jaringan area lokal bisa disebut dengan LAN, LAN ini memungkinkan seseorang untuk membagikan suber – sumber dan mengurangi biaya yang tinggi yang diperlukan oleh proses otomatisasi. Seseorang pada salah satu komputer dalam jaringan area lokal dapat membuat dokumen dan mengirimkannya ke komputer lain dalam jaringan tersebut untuk tujuan pengeditan dan pencetakan. Akses yang diberikan oleh LAN terkontrol dan terjamin keamanannya.

Definisi LAN

  Salah satu segmen industri komunikasi yang tumbuh dengan pesat sejak tahun 1980-an adalah jaringan area lokal. Pertumbuhan ini telah mengakibatkan penurunan harga hardware dan software yang dibuthkan untuk mengimplementasi LAN. Rendahnya harga hardware tersebut mengakibatkan pula turunnya harga mikrokomputer. Itulah sebabnya mengapa workstation sekrang ini berupa mikrokomputer. Hal ini tidak berarti bahwa LAN disusun dari mikrokomputer,karena banyak LAN yang berisi campuran dari mikrokomputer, minikomputer, dan mainframe.

  Jaringan area lokal menghubungkan peralatan yang terbatas pada area geografi yang kecil. Jarak sebenarnya yang dicapai LAN tergantung pada implementasi tertentu. LAN menjangkau area lokal yang telah ditentukan, eperti ruang kantor, satu bangunan, atau kelompok bangunan. Untuk mengetahui LAN secara baik,harus mengetahui penggunanya terlebih dahulu.

Aplikasi LAN

  Kebanyakan LAN diimplementasikan untuk mentransfer data di antara pemakai dalam jaringan atau untuk membagikan sumber diantara pemakai. Implementasi LAN dapat dilengkapi dengan kemampuan transfer data berkecepatan tinggi tanpa mmebutuhkan operator sistem untuk menjalankan proses transmisi. Bahkan ketika menyambungkan LAN jaringan area lokal yang lebih luas yang menjangkau ribuan mil. transfer data di antara pemakai dalam jaringan menjadikan efektifitas waktu dan dalam banyak kasus, tidak akan menimbulkan masalah.

  Alasan lain pengimplementasikan LAN adalah untuk membagi sumber – sumber hardware dan software di antara pemakai jaringan. Walaupun harga mikrokomputer dan peralatan tambahan atau pelengkepannya turun pada tahun – tahun terakhir ini, namun masih mahal untuk melengkapi tiap pemakai dengan ruang disk, printer, CD drive, scanner dan plotter. Walaupun harga sebagian peralatan ini murah, adalah tidak efektif untuk membeli sepuluh laser printer unutk sepuluh pekerja dalam satu kantor, karena printer akan menganggur dalam waktu yang lama. Dalam masalah ini, adalah lebih praktis untuk mengimplementasikan jaringan area lokal, sehingga semua pemakai dapat menggunakan satu atau dua printer.

  LAN juga memungkinkan pemakai untuk bersama – sama menggunakan software dan data yang dihasilkan oleh software. Software yang telah berlisensi dapat ditempatkan pada hard disk drive pembagi. Software kemduian dapat dipasang pada workstation yang membutuhkannya dan software tersebut telah disetujui mellaui lisensi untuk digunakan. Ia memberi fasilitas cadangan bagi ajringan yang dipasangi software dan pemasangan software dapat diperbaharui.

Nama : Maulana Yusuf

NPM : 24110277

Kelas : 3Kb03

MK : Softkill Bahasa Indonesia 1#

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s